PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB*
MOHAMMAD AHSANUDDIN**
Dimana saja anda membaca, saat ini, sulit untuk menghindari dari informasi atau tulisan tentang IT dan Internet. Hal ini tidak saja terjadi di negara Amerika, akan tetapi di Indonesia juga. Surat kabar dan majalah dipenuhi dengan cerita sukes dan gagal dari individu atau perusahaan yang merangkul IT.
PEMANFAATAN IT DALAM PBA
Internet
Penggunaan internet dan web tidak hanya dapat memberikan kontribusi yang positip terhadap kegiatan akademik mahasiswa tapi juga bagi dosen. Internet dan web dapat memberi kemungkinan bagi dosen untuk menggali informasi dan ilmu pengetahuan dalam mata kuliah yang menjadi bidang kempuannya. Melalui penggunaan internet dan web, dosen akan selalu siap mengajarkan ilmu pengetahuan yang mutakhir kepada mahasiswa. Hal ini tentu saja menuntut kemampuan dosen itu sendiri untuk selalu giat mengakses website dalam bidang yang menjadi keahliannya. Hal ini sejalan dengan definisi Pannen (2003) mengenai media dan teknologi pembelajaran di perguruan tinggi dalam arti luas yang mencakup perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan sumberdaya manusia (humanware) yang dapat digunakan untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa.
CD Interaktif
Satu lagi perkembangan yang begitu pesat dan semakin modern makin mempermudah bagi seorang pendidik untuk memanfaatkan berbagai macam media yang ada, diantaranya adalah CD (compact disk) interaktif.
VCD juga merupakan media pengajaran bahasa yang cukup efektif digunakan. Alat ini mirip dengan tip rekorder hanya lebih lengkap. Tip rekorder hanya didengar, sementara VCD didengar dan dilihat. Saat ini telah banyak program-program pengajaran bahasa Arab yang dikemas dalam bentuk CD, namun untuk mengoperasikannya tidak cukup dengan VCD tetapi dengan komputer yang dilengkapi dengan multimedia. Dalam konteks pengajaran ALA, telah banyak program pengajaran ALA yang dikemas dalam bentuk CD, misalnya: Alif-Ba-Ta, Al-Qamus al-mushowwar li As-Shigar, Bustan Ar-Raudloh, Juha 1-2, Jism al-Insan, Hadiqah al-Arqam, Masrahiyah al-Huruf al-Arabiyah, Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah, ‘Alam al-Tajarub li as-Sigar, Jazirah al-Barka:n, dan Mausuah al-Musabaqah wa al-Algha:z serta masih banyak lagi (Kholisin, 2002).
Satelit/Parabola
Satelit juga memberi kemudahan bagi para pendidik dalam mengajarkan bahasa Arab yakni dalam pengayaan kosa kata dan pengenalan budaya. Dengan piringan parabola, motor penggerak dan Digital Satellite Receiver, kita dapat menikmati siaran TV Arab, yaitu Saudi Arabia, Mesir, Yaman, Palestina, Abi Dhabi secara langsung. Satelit ini lebih banyak dimanfaatkan untuk keterampilan menyimak (maharatul istima’).
Arabic E-learning
Istilah e-learning mengandung pengertian yang sangat luas, sehingga banyak pakar yang menguraikan tentang definisi e-learning dari berbagai sudut pandang. Salah satu definisi yang cukup dapat diterima banyak pihak misalnya dari Darin E. Hartley [Hartley, 2001] yang menyatakan:
e-Learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannyabahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.
LearnFrame.Com dalam Glossary of e-Learning Terms [Glossary, 2001] menyatakan suatu definisi yang lebih luas bahwa:
e-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone.
Matthew Comerchero dalam E-Learning Concepts and Techniques [Bloomsburg, 2006] mendefinisikan:
E-learning adalah sarana pendidikan yang mencakup motivasi diri sendiri, komunikasi, efisiensi, dan teknologi. Karena ada keterbatasan dalam interaksi sosial, siswa harus menjaga diri mereka tetap termotivasi. E-learning efisien karena mengeliminasi jarak dan arus pulang-pergi. Jarak dieliminasi karena isi dari e-learning didesain dengan media yang dapat diakses dari terminal komputer yang memiliki peralatan yang sesuai dan sarana teknologi lainnya yang dapat mengakses jaringan atau Internet.
“منظومة تعليمية لتقديم البرامج التعليمية او التدريبية للمتعلمين او المتدربين في أي وقت وفي أي مكان باستخدام تقنيات المعلومات والاتصالات التفاعلية مثل: الإنترنت، الإذاعة، القنوات المحلية او الفضائية للتلفاز، الأقراص الممغنطة، التلفزيون، البريد الإلكتروني، أجهزة الحاسوب، المؤتمرات عن بعد..) لتوفير بيئة تعليمية/تعلمية تفاعلية متعددة المصادر بطريقة متزامنة في الفصل الدراسي أو غير متزامنة عن بعد دون الالتزام بمكان محدد اعتمادا على التعلم الذاتي والتفاعل بين المتعلم والمعلم”.
Sekarang ini, keberadaan e-learning semakin banyak bak jamur dimusim hujan, terutama disitus perguruan tinggi. Seperti UI, UGM, UM, UPI, UNHAS, dan masih banyak lagi.
Tips bagi Guru dalam Memanfaatkan IT untuk Pembelajaran
- Mempelajari materi pelajaran yang dikemas di dalam media TIK
- Merencanakan waktu pemanfaatan media TIK
- Mengkomunikasikan rencana pemanfaatan media TIK kepada peserta didik
- Mengkomunikasikan rencana pemanfaatan media TIK kepada pengelola fasilitas TIK sekolah (Siahaan, 2008).
PENUTUP
Dari penulisan di atas, penulis dapat membuat kesimpulan bahwa pembelajaran bahasa Arab dapat dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi melalui penggunaan situs-situs di internet, CD interaktif, satelit dengan piringan parabola dan e-learning. Penulis juga menyarankan agar para pendidik mempelajari perkembangan teknologi tersebut sehingga dapat dijadikan media yang efektif sebagai alat bantu dalam PBA. Wallahu A’lam bi Al-Showab.
DAFTAR RUJUKAN
Ahsanuddin, Mohammad. 2004. Pemanfaatan CD Interaktif Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak (ALA). Makalah.
Ahsanuddin, Mohammad. 2005. Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Dalam: Al-Arabi, III (I): 1-13.
Kholidah, Lilik Nur. 2001. Dampak Globalisasi Terhadap Tugas Dan Tanggungjawab Kependidikan. Makalah.
Siahaan, Sudirman. 2008. Tips bagi Guru dalam Memanfaatkan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran. (on-line), (www.e-dukasi.net diakses 21 Oktober 2008)
*) Tulisan ini disampaikan dalam seminar nasional yang diadakan oleh HMJ Pendidikan Bahasa Arab IAIN Walisongo Semarang tanggal 15 Nopember 2008.
**) Penulis adalah dosen tetap Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM)
mantap gan… da informasi lebih lengkapnya lagi…???
coba beli buku tentang masalah tersbut aja… insyaallah Anda bisa lebih menjelajahi